pic hikingmastery Bagi mereka yang biasa melakukan kegiatan dialam liar atau alam bebas harus dan wajib memilik skill tentang surviva...

5 SKILL SURVIVAL

pic hikingmastery

Bagi mereka yang biasa melakukan kegiatan dialam liar atau alam bebas harus dan wajib memilik skill tentang survival, banyak dari pendaki yang mengalami kecelakaan dialam hingga mengakibatkan sesuatu yang fatal karena salah satu faktor utamanya adalah mereka tidak mengerti tenting survival.


jadi untuk menjadi petualang kamu harus memiliki beberapa skill survival, silahkan dibaca sampai
akhir tulisan saya dan kalau masih kurang silahkan mencari reverensi yang lain untuk menambah wawasan lebih jauh lagi tentang survival.

#SKILL 1

MENCARI LOKASI YANG AMAN UNTUK BERMALAM

Banyak sekali kita temukan pendaki gunung yang ketika mereka sudah kelelahan dan ingin beristrahat tidak memperhatikan situasi lokasi dimana mereka akan membagun tenda, padahal ini adalah hal yang paling penting, seandainya kamu membangun sebuah tenda namun disekitar tenda kamu itu ada sarang serangga kan ini bisa mengganggu ketenangan ketika istrahat, atau ada pohon yang sudah lapuk, kan kamu ngak mau ketika lagi enak-enaknya rebahin badan tiba-tiba pohonya jatuh.

atau kamu membangun sebuah tenda dibawah lembah atau area yang biasa dialiri air. karena pada dasarnya cuaca alam tidak ada yang bisa memprediksi secara detail dan tepat, disinilah kita butuh yang namanya berhati-hati sebelum terjadi, pas enak-enaknya tidur eh taunya udah basah aja.. meskipun lokasi dimana kita membagun tenda tidak hujan namun di atas sana ternyata hujan deras.

#SKILL 2

MENDIRIKAN BIVAK ATAU SHELTER

Untuk bisa tetap bertahan dialam liar, cara membuat Bivak harus kamu pelajari, mungkin kamu dulu yang tinggal di daerah perkampung sudah pernah membuat hal ini, semacam rumah-rumah kecil yang dibuat dari alam.

bivak sangat berguna sekali untuk melindungi tubuh dari serangan HIPOTERMIA. Bivak bukan hanya melindungi tubuh dari hipo, akan tetapi juga melindungi dari ancaman hewan liar.

kalau kamu bigung bagaimana cara membuat BIVAK atau SHELTER saya sarankan untuk mencari contoh di google 

#SKILL 3

MEMBUAT PENGAPIAN

jangan kira membuat api itu gampang, mungkin kalau kita berada dirumah membuat api kompor gas atau minyak sangatlah mudah, namun beda halnya ketika kita berada diluar ruangan yang tidak ada gas apalagi minyak.

bagi kamu yang belum bisa menyalakan api menggukan kayu bakar saya sarankan dari sekarang mulailah belajar sebelum kamu melakukan kegiatan dialam bebas apalagi kalau kamu berada di alam bebas hujan deras dan tidak ada kayu yang kering yang bisa digunakan untuk menyalakan api.

tapi kalau kamu punya pemikiran seperti ini '' inikan sudah moderen banyak alat yang bisa didapatkan di toko untuk menyalakan api dengan mudah di alam bebas '' iyaa emang banyak sekali peralatan untuk mempermudah para pecinta alam atau mereka yang biasa mengisi liburan di alam bebas, namun dialam kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. makanya ada pepatah mengatakan '' Sedia payung sebelum hujan " sedia ilmu sebelum terjadi hal yang tidak dinginkan. 

selain membuat api dari korek masih banyak lagi cara lain untuk bisa menghasilkan api, saran saya lagi untuk kamu, silahkan cari di Mbah google..heheh

#SKILL 4

MENCARI AIR BERSIH

Dialam liar ada dua jenis air, air yang bisa kamu minum dan air yang tidak bisa kamu minum, jadi tidak semua air dialam liar bisa diminum siapa tau air itu adalah kencing hewan..heheh tapi kalau air kencing hewan kan ada aroma baunya jadi lebih mudah ketahuan. tapi ketika kamu mendapatkan air dan kamu ragu dengan air tersebut maka jalan pintasnya adalah harus dimasak terlebih dahulu. jika kamu tidak memiliki api,atau wadah untuk memasak maka air hujan atau air embun adalah solusi yang paling tepat, air embun ketika pagi hari bisa kamu dapatkan didedaunan tinggal kamu usap menggunakan kain lalu peras. 

selain itu ada juga beberapa tumbuhan liar yang menyimpan banyak air yang bisa di konsumsi, silahkan kamu pelajari di google yaa...

#SKILL 5

MENCARI MAKANAN YANG BISA DIKONSUMSI

jadi tumbuhan yang dialam liar itu juga bisa kita konsumsi, tinggal kita pelajari lebih lanjut contoh dan ciri-ciri tumbuhan yang bisa dimakan ketika kita berada dialam. jangan sampai kita salah memakan sesuatu hingga akhirnya mengakibatkan sesuatu yang tidak kita inginkan. 

oke gais, sebenarnya masih banyak lagi skill yang harus kita pahami dan pelajari untuk menjadi survival. jadi jangan pernah berhenti untuk terus belajar, lima poin di atas semoga bisa mewaki untuk terus semangat mencari ilmu baru.  

SALAM PETUALANG, SALAM LESTARI .......

0 komentar: